Rabu, 02 Oktober 2013

Observasi PAUD Saraswati, Nusukan, Surakarta

LAPORAN OBSERVASI DI PAUD SARASWATI SURAKARTA
(Dibuat untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Pendidikan)





Disusun oleh :
Junita Adiningtyas (K3112043)
Miatuz Zahro         (K3112050)

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2012


BAB I
       PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG



B.RUMUSAN MASALAH
1.Apa Visi dan Misi dari PAUD Saraswati?
2.Apa Tujuan dari PAUD Saraswati ?
3.Bagaimana Aspek dan Perilaku yang dikembangkan di PAUD Saraswati?
4.Bagaimana Metode mengajar yang diterapkan di PAUD Saraswati?

C.TUJUAN
1.Mengetahui Visi dan Misi dari diselenggarakannya PAUD Saraswati.
2.Mengetahui Tujuan dari PAUD Saraswati.
3.Mengetahui Aspek dan Perilaku yang dikembangkan di PAUD Saraswati.
4.Mengetahu Metode mengajar yang diterapkan di PAUD Saraswati.
D.METODE PENELITIAN
1. Penulis melakukan wawancara kepada Pengelola PAUD Saraswati, Sulastrini, S.Pd.


           

           

 



BAB II
PEMBAHASAN
A.VISI dan MISI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SARASWATI
  Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan sangat menentukan bagi perkembangan anak di kemudian hari. Secara naluri, keluarga  (terutama orang tua) merupakan pendidik yang pertama dan utama ketika anak dilahirkan.Pemberian rangsangan pendidikan dapat dilakukan sejak anak dilahirkan dari lingkungan keluarga. Rangsangan pendidikan ini hendaknya dilakukan secara bertahap, berulang, konsisen dan tuntas, sehingga memiliki (manfaat) bagi anak.
Memahami demikian pentingnya kedudukan pendidikan anak usia dini dalam menyiapkan kemampuan dasar anak yang mempengaruhi secara berkelanjutan terhadap kemampuan anak ditahap selanjutnya maka Diselenggarakannya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Saraswati sebagi solusi kepada para orang tua untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sarasawati memberikan pelayanan, pengasuhan,   pendidikan anak usia 1- 6 tahun melalui penjelajahan kreatifitas anak dengan cara bermain dan belajar. Pendididikan Anak Usia Dini (PAUD) Sarasawati juga mewujudkan kualitas fisik anak usia dini melalui upaya pemeliharaan kesehatan, peningkatan mutu gizi, olahraga yang teratur dan terukur serta pendidikan jasmani sehingga anak memiliki nilai-nilai karakteristik seperti fisik kuat,lincah, memiliki daya tahan dan disiplin dll. Dan adapun Visi dan Misi dari PAUD Saraswati adalah :
        Visi :
Memberikan pelayanan pendidikan, dan pengasuhan berkwalitas dan penanaman Aklaq Mulia serta  menjadikan dunia anak lebih bermakna.
Misi :
    1.     Mendidik siswa berkepribadian, beraklaq mulia dan mandiri
    2.     Melaksanakan pembelajaran yang  berpusat pada anak
    3.     Memberikan kegiatan pembelajaran yang membebaskan proses berkembangnya potensi anak
    4.     Melakukan pembimbingan dan pengasuhan yang terbaik agar anak mendapat pembelajaran yang terbaik.

         

B. TUJUAN PAUD SARASWATI
PAUD Saraswati mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.       Membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan menyesuaikan diri denganlingkungannya, termasuk siap memasuki tahap pendidikan berikutnya atau siap memasuki pendidikan dasar.
b.      Memberikan pelayan, pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini / pra sekolah dengan pemberian sentuhan sejak dini dimaksudkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental secara optimal dan diberikan rangsangan-rangsangan yang bersifat pendidikan secara cukup.
c.       Membantu menyejahterakan anak balita dengan usia 1,5 – 6 tahun untuk memberikan stimulan sejak dini.
d.      Membentuk anak usia dini yang mandiri, berkepribadian dan handal.
e.       Membantu menyejahterakan anak usia dini yang orang tuanya bekerja diluar rumah.
f.       Merawat, mengasuh dan mendidik anak yang dititipkan agar tumbuh dan berkembang secara optimal sebagai SDM yang berkualitas
g.      Meringankan beban orang tua sehingga dapat bekerja penuh konsentrasi.

     
C.ASPEK dan PERILAKU yang DIKEMBANGKAN di PAUD SARASWATI
           aspek dan perilaku yang dikembangkan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Saraswati  meliputi :
NO
ASPEK PERKEMBANGAN
INDIKATOR PERKEMBANGAN



1
Nilai-nilai Agama dan Moral
1
Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya


Merespon hal-hal yang
2
Mengenal agama yang dianut


terkait dengan nilai agama
3
Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan


dan moral

sesuatu



4
Mengucapkan salam dan membalas salam



5
Menirukan gerakan beribadah



6
Membiasakan diri beribadah



7
Mengenal dan Memahami perilaku mulia (jujur,




penolong, sopan, hormat, dsb)



8
Membedakan perilaku baik dan buruk



9
Membiasakan diri berperilaku baik



10
Mengenal ritual dan hari besar agama



11
Menghormati agama orang lain

2
Motorik
1
Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin,


A. Motorik kasar

pesawat terbang, dsb



2
Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)



3
Melakukan gerakan melompat,meloncat dan berlari




secara terkoordinasi



4
Melempar sesuatu secara terarah



5
Menangkap sesuatu secara tepat



6
Melakukakn gerakan antisipasi



7
Menendang sesuatu secara terarah



8
Memanfaatkan alat permainan di luar kelas



9
Melakukan gerakan tubuh secra terkoordinasi




untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan




kelincahan



10
Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala




dalam menirukan tarian atau senam



11
Melakukan permainan fisik dengan aturan



12
Terampilan menggunaan tangan kanan dan kiri



13
Melakukana kegiatan kebersihan diri

NO
ASPEK PERKEMBANGAN
INDIKATOR PERKEMBANGAN




B. Motorik halus
1
Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/




kanan, miring kiri/kanan dan lingkaran



2
Menjiplak bentuk



3
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk




melakukan gerakan yang rumit



4
Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan




suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media



5
Mengekspresikan diri dengan berkarya seni




menggunakan berbagai media



6
Menggambar sesuai gagasannya



7
Meniru bentuk



8
Melakukan eksplorasi dengan berbagai media




dan kegiatan



9
Menggunakan alat tulis dengan benar



10
Menggunting sesuai dengan pola



11
Menempel gambar dengan tepat



12
Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar




secara detail


C. Kesehatan Fisik
1
Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan



2
Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan



3
Memiliki kesesuaian antara tinggi dan berat badan

3
Kognitif




A. Mengenal pengetahuan
1
Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk


umum

memotong, pensil untuk menulis)



2
Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi



3
Menggunakan benda-benda sebagai permainan




simbolik (kursi sebagai mobil)



4
Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan




dirinya



5
Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan




sehari-hari(gerimis,hujan,gelap,terang,temaram,dsb)



6
Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri



7
Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan




menyelidik(seperti : apa yang terjadi ketika air ditumpahkan

NO
ASPEK PERKEMBANGAN
INDIKATOR PERKEMBANGAN





8
Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan



9
Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya




(angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air




dapat menyebabkan basah)



10
Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema




permainan (seperti : "ayo kita bermain pura-pura




seperti burung)



11
Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan




sehari-hari.


B. Mengenal konsep ukuran,
1
Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau


bentuk dan pola

warna atau ukuran



2
Mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang




sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok




yang berpasangan dengan 2 variasi



3
Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran:"lebih dari"




;kurang dari ; dan paling ter



4
Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC



5
Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna,bentuk




dan ukuran (3 variasi)



6
Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam




kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis




atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi



7
Mengenal pola ABCD-ABCD



8
Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling




kecil ke paling besar atau sebaliknya


C. Konsep bilangan
1
Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran/warna



2
Mengetahui konsep banyak dan sedikit



3
Membilang banyak benda satu sampai sepuluh



4
Mengenal konsep bilangan



5
Mengenal lambang bilangan



6
Mengenal lambang huruf



7
Menyebutkan lambang bilangan 1-10 dst



8
Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan



9
Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal




dan konsonan



10
Menyebutkan dan  mencocokkan lambang




 bilangan, macam huruf vocal dan konsonan

NO
ASPEK PERKEMBANGAN
INDIKATOR PERKEMBANGAN



4
Bahasa




A.Menerima bahasa
1
Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau




bahasa lainnya)



2
Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan



3
Memahami cerita yang dibacakan



4
Mengenal perbendahaan kata mengenai kata sifat




(nakal,pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)



5
Mengerti beberapa perintah secara bersamaan




Mengulang kalimat yang lebih kompleks



6
Memahami aturan dalam suatu permainan


B. Mengungkapkan Bahasa
1
Mengulang kalimat sederhana



2
Menjawab pertanyaan sederhana



3
Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat




(nakal,pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)



4
Menyebutkan kata-kata yang dikenal



5
Mengutarakan pendapat kepada orang lain



6
Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan




atau ketidaksetujuan



7
Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah




didengar



8
Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks



9
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi




yang sama



10
Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan




kata, serta mengenal simbol-simbol untuk




persiapan membaca, menulis dan berhitung



11
Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap




(pokok kalimat-predikat-keterangan



12
Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan




ide  pada orang lain



13
Melanjutkan sebagian cerita / dongen yang telah




diperdengarkan


C. Keaksaraan
1
Mengenal simbol-simbol



2
Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada




disekitarnya

NO
ASPEK PERKEMBANGAN
INDIKATOR PERKEMBANGAN





3
Membuat coretan yang bermakna



4
Meniru huruf



5
Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal



6
Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda




yang ada disekitarnya



7
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki




bunyi / huruf awal yang sama



8
Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf



9
Membaca nama sendiri



10
Menuliskan nama sendiri

5
Sosial-Emosional
1
Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih


Mampu mengendalikan emosi

kegiatan



2
Mau berbagi, menolong dan membantu teman



3
Menunjukkan antusiasme dalam melakukan




permainan kompetitif secara positif



4
Mengendalikan yang berlaku dalam suatu permainan



5
Menunjukkan rasa percaya diri



6
Menjaga rasa percaya diri



7
Menjaga diri sendiri dari lingkungannya



8
Menghargai orang lain



9
Bersikap kooperatif dengan teman



10
Menunjukkan sikap toleran



11
Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi




yang ada (senang-sedih-antusias dsb)



12
Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai nilai




sosial budaya setempat



13
Memahami peraturan dan disiplin



14
Menunjukkan rasa empati



15
Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)



16
Bangga terhadap hasil karya sendiri



17
Menghargai keunggulan orang lain

6
Seni
1
Menyanyikan lagu lengkap sesuai irama



2
Menyanyikan lagu diiringi musik



3
Mencipta, mengarang, mengubah syair lagu

NO
ASPEK PERKEMBANGAN
INDIKATOR PERKEMBANGAN





4
Memainkan alat musik



5
Menggambar/melukis/membuat pola/menjahit/




membatik/meronce/mencocok/menganyam/




membentuk dengan berbagai alat dan bahan

7
Ketrampilan hidup
1
Menggunakan sendok dan garpu dengan baik



2
Melepaskan pakaian yang harus ditarik ke atas




Berpakaian sendiri tanpa diawasi kecuali untuk



3
mengancingkan



4
Membuka dan menutup retsleting



5
Mengenakan ikat pinggang



6
Menalikan dan berusaha untuk membuat pita tali




sepatu



7
Menggunakan pisau untuk memotong



8
Berpakaian sendiri dengan lengkap termasuk memita




kan tali sepatu dan mengencangkan tali pinggang



9
Membuka kancing baju belakang



10
Mandi sendiri tanpa pengawasan



11
Menutup mulut dan hidung kalau bersin atau batuk



12
Potong kuku sendiri


D.METODE MENGAJAR YANG DITERAPAKAN PAUD SARASWATI
     Di PAUD Saraswati diterapkan metode mengajar dengan bermain dan bernyanyi.Dengan Materi Belajar dan Bermain meliputi:
1.      Sentra Balok                                 6. Sentra Memasak
2.      Sentra Bahan Alam Cair               7. English Kids
3.      Sentra Seni                                    8. Happy Day
4.      Sentra Persiapan                            9. Pembelajaran dengan Multimedia
5.      Sentra Ibadah















BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
         







B.SARAN
Bahan yang dibutuhkan :
  • Mie basah
  • 200 gram Taoge
  • 75 gram Siangi
  • Rebus 1/2 matang Kol 50gram
  • Iris tipis Seledri 1 batang
  • Iris tipis Bawang merah goreng secukupnya
  • Kerupuk kanji warna merah secukupnya
  • Kacang tanah goreng (utuh), 25 gram

Bahan untuk membuat kuah bakmi :
  • Air kaldu sapi
  • 600 ml Bawang putih
  • 5 siung Merica butiran
  • 1/2 sendok teh
  • sangrai Kecap manis
  • 1/4 sendok teh Gula pasir
  • 1/2 sendok teh Garam secukupnya
  • Minyak goreng, 1 sendok makan

Langkah untuk membuat :
  1. Tumbuk bawang putih, merica dan garam hingga halus, kemudian panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk hingga harum.
  2. Selanjutnya tuang air kaldu, masak hingga kuah mendidih. Tambahkan kecap manis dan gula pasir. Masak kembali hingga mendidih. Angkat. 
  3. Letakkan mie dalam mangkuk saji, tuang kuah secukupnya dan tambahkan taoge dan kol di atasnya. Taburi dengan seledri, bawang goreng dan kacang tanah goreng. 
  4. Sajikan dengan kerupuk kanji.
- See more at: http://huruharada.blogspot.com/2013/04/masakan-jawa-dan-resep-bakmi-kethoprak.html#sthash.Q2DHG1lg.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar