LAPORAN
OBSERVASI DI PAUD SARASWATI SURAKARTA
(Dibuat untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu
Pendidikan)
Disusun
oleh :
Junita
Adiningtyas (K3112043)
Miatuz
Zahro (K3112050)
PROGRAM
STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET SURAKARTA
2012
BAB
I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
B.RUMUSAN MASALAH
1.Apa Visi dan Misi
dari PAUD Saraswati?
2.Apa
Tujuan dari PAUD Saraswati ?
3.Bagaimana Aspek dan
Perilaku yang dikembangkan di PAUD Saraswati?
4.Bagaimana Metode
mengajar yang diterapkan di PAUD Saraswati?
C.TUJUAN
1.Mengetahui
Visi dan Misi dari diselenggarakannya PAUD Saraswati.
2.Mengetahui
Tujuan dari PAUD Saraswati.
3.Mengetahui
Aspek dan Perilaku yang dikembangkan di PAUD Saraswati.
4.Mengetahu
Metode mengajar yang diterapkan di PAUD Saraswati.
D.METODE
PENELITIAN
1.
Penulis melakukan wawancara kepada Pengelola PAUD Saraswati, Sulastrini, S.Pd.
BAB II
PEMBAHASAN
A.VISI dan MISI PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI (PAUD) SARASWATI
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar
dan sangat menentukan bagi perkembangan anak di kemudian hari. Secara naluri,
keluarga (terutama orang tua) merupakan
pendidik yang pertama dan utama ketika anak dilahirkan.Pemberian rangsangan
pendidikan dapat dilakukan sejak anak dilahirkan dari lingkungan keluarga.
Rangsangan pendidikan ini hendaknya dilakukan secara bertahap, berulang,
konsisen dan tuntas, sehingga memiliki (manfaat) bagi anak.
Memahami demikian
pentingnya kedudukan pendidikan anak usia dini dalam menyiapkan kemampuan dasar
anak yang mempengaruhi secara berkelanjutan terhadap kemampuan anak ditahap
selanjutnya maka Diselenggarakannya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Saraswati
sebagi solusi kepada para orang tua untuk memperhatikan pertumbuhan dan
perkembangan anak.
Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD) Sarasawati memberikan pelayanan, pengasuhan, pendidikan anak usia 1- 6 tahun melalui
penjelajahan kreatifitas anak dengan cara bermain dan belajar. Pendididikan
Anak Usia Dini (PAUD) Sarasawati juga mewujudkan kualitas fisik anak usia dini
melalui upaya pemeliharaan kesehatan, peningkatan mutu gizi, olahraga yang
teratur dan terukur serta pendidikan jasmani sehingga anak memiliki nilai-nilai
karakteristik seperti fisik kuat,lincah, memiliki daya tahan dan disiplin dll. Dan
adapun Visi dan Misi dari PAUD Saraswati adalah :
Visi :
Memberikan
pelayanan pendidikan, dan pengasuhan berkwalitas dan penanaman Aklaq Mulia
serta menjadikan dunia anak lebih
bermakna.
Misi :
1. Mendidik siswa
berkepribadian, beraklaq mulia dan mandiri
2. Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada anak
3. Memberikan kegiatan pembelajaran yang membebaskan proses
berkembangnya potensi anak
4. Melakukan pembimbingan dan pengasuhan yang terbaik agar anak
mendapat pembelajaran yang terbaik.
B.
TUJUAN
PAUD SARASWATI
PAUD Saraswati mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.
Membantu meletakkan dasar-dasar kearah
perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan mengembangkan berbagai potensi
anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan menyesuaikan diri
denganlingkungannya, termasuk siap memasuki tahap pendidikan berikutnya atau
siap memasuki pendidikan dasar.
b.
Memberikan pelayan, pendidikan dan
pengasuhan bagi anak usia dini / pra sekolah dengan pemberian sentuhan sejak dini
dimaksudkan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental secara
optimal dan diberikan rangsangan-rangsangan yang bersifat pendidikan secara
cukup.
c.
Membantu menyejahterakan anak balita
dengan usia 1,5 – 6 tahun untuk memberikan stimulan sejak dini.
d.
Membentuk anak usia dini yang mandiri,
berkepribadian dan handal.
e.
Membantu menyejahterakan anak usia dini
yang orang tuanya bekerja diluar rumah.
f.
Merawat, mengasuh dan mendidik anak yang
dititipkan agar tumbuh dan berkembang secara optimal sebagai SDM yang
berkualitas
g.
Meringankan beban orang tua sehingga dapat bekerja penuh
konsentrasi.
C.ASPEK dan PERILAKU yang DIKEMBANGKAN
di PAUD SARASWATI
aspek dan perilaku yang dikembangkan di
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Saraswati meliputi :
NO
|
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
PERKEMBANGAN
|
||
1
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
1
|
Mengenal Tuhan melalui agama yang
dianutnya
|
|
|
Merespon hal-hal yang
|
2
|
Mengenal agama yang dianut
|
|
|
terkait dengan nilai agama
|
3
|
Mengucapkan doa sebelum dan sesudah
melakukan
|
|
|
dan moral
|
|
sesuatu
|
|
|
|
4
|
Mengucapkan salam dan membalas salam
|
|
|
|
5
|
Menirukan gerakan beribadah
|
|
|
|
6
|
Membiasakan diri beribadah
|
|
|
|
7
|
Mengenal dan Memahami perilaku mulia
(jujur,
|
|
|
|
|
penolong, sopan, hormat, dsb)
|
|
|
|
8
|
Membedakan perilaku baik dan buruk
|
|
|
|
9
|
Membiasakan diri berperilaku baik
|
|
|
|
10
|
Mengenal ritual dan hari besar agama
|
|
|
|
11
|
Menghormati agama orang lain
|
|
2
|
Motorik
|
1
|
Menirukan gerakan binatang, pohon
tertiup angin,
|
|
|
A. Motorik kasar
|
|
pesawat terbang, dsb
|
|
|
|
2
|
Melakukan gerakan menggantung
(bergelayut)
|
|
|
|
3
|
Melakukan gerakan melompat,meloncat dan
berlari
|
|
|
|
|
secara terkoordinasi
|
|
|
|
4
|
Melempar sesuatu secara terarah
|
|
|
|
5
|
Menangkap sesuatu secara tepat
|
|
|
|
6
|
Melakukakn gerakan antisipasi
|
|
|
|
7
|
Menendang sesuatu secara terarah
|
|
|
|
8
|
Memanfaatkan alat permainan di luar
kelas
|
|
|
|
9
|
Melakukan gerakan tubuh secra
terkoordinasi
|
|
|
|
|
untuk melatih kelenturan, keseimbangan
dan
|
|
|
|
|
kelincahan
|
|
|
|
10
|
Melakukan koordinasi gerakan
kaki-tangan-kepala
|
|
|
|
|
dalam menirukan tarian atau senam
|
|
|
|
11
|
Melakukan permainan fisik dengan aturan
|
|
|
|
12
|
Terampilan menggunaan tangan kanan dan
kiri
|
|
|
|
13
|
Melakukana kegiatan kebersihan diri
|
|
NO
|
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
PERKEMBANGAN
|
||
|
B. Motorik halus
|
1
|
Membuat garis vertikal, horizontal,
lengkung kiri/
|
|
|
|
|
kanan, miring kiri/kanan dan lingkaran
|
|
|
|
2
|
Menjiplak bentuk
|
|
|
|
3
|
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk
|
|
|
|
|
melakukan gerakan yang rumit
|
|
|
|
4
|
Melakukan gerakan manipulatif untuk
menghasilkan
|
|
|
|
|
suatu bentuk dengan menggunakan berbagai
media
|
|
|
|
5
|
Mengekspresikan diri dengan berkarya
seni
|
|
|
|
|
menggunakan berbagai media
|
|
|
|
6
|
Menggambar sesuai gagasannya
|
|
|
|
7
|
Meniru bentuk
|
|
|
|
8
|
Melakukan eksplorasi dengan berbagai
media
|
|
|
|
|
dan kegiatan
|
|
|
|
9
|
Menggunakan alat tulis dengan benar
|
|
|
|
10
|
Menggunting sesuai dengan pola
|
|
|
|
11
|
Menempel gambar dengan tepat
|
|
|
|
12
|
Mengekspresikan diri melalui gerakan
menggambar
|
|
|
|
|
secara detail
|
|
|
C. Kesehatan Fisik
|
1
|
Memiliki kesesuaian antara usia dengan
berat badan
|
|
|
|
2
|
Memiliki kesesuaian antara usia dengan
tinggi badan
|
|
|
|
3
|
Memiliki kesesuaian antara tinggi dan
berat badan
|
|
3
|
Kognitif
|
|
|
|
|
A. Mengenal pengetahuan
|
1
|
Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau
untuk
|
|
|
umum
|
|
memotong, pensil untuk menulis)
|
|
|
|
2
|
Mengklasifikasikan benda berdasarkan
fungsi
|
|
|
|
3
|
Menggunakan benda-benda sebagai
permainan
|
|
|
|
|
simbolik (kursi sebagai mobil)
|
|
|
|
4
|
Mengenal gejala sebab-akibat yang
terkait dengan
|
|
|
|
|
dirinya
|
|
|
|
5
|
Mengenal konsep sederhana dalam
kehidupan
|
|
|
|
|
sehari-hari(gerimis,hujan,gelap,terang,temaram,dsb)
|
|
|
|
6
|
Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan
idenya sendiri
|
|
|
|
7
|
Menunjukkan aktivitas yang bersifat
eksploratif dan
|
|
|
|
|
menyelidik(seperti
: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan
|
|
NO
|
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
PERKEMBANGAN
|
||
|
|
8
|
Menyusun perencanaan kegiatan yang akan
dilakukan
|
|
|
|
9
|
Mengenal sebab-akibat tentang
lingkungannya
|
|
|
|
|
(angin bertiup menyebabkan daun
bergerak, air
|
|
|
|
|
dapat menyebabkan basah)
|
|
|
|
10
|
Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema
|
|
|
|
|
permainan (seperti : "ayo kita
bermain pura-pura
|
|
|
|
|
seperti burung)
|
|
|
|
11
|
Memecahkan masalah sederhana dalam
kehidupan
|
|
|
|
|
sehari-hari.
|
|
|
B. Mengenal konsep ukuran,
|
1
|
Mengklasifikasikan benda berdasarkan
bentuk atau
|
|
|
bentuk dan pola
|
|
warna atau ukuran
|
|
|
|
2
|
Mengklasifikasikan benda kedalam
kelompok yang
|
|
|
|
|
sama atau kelompok yang sejenis atau
kelompok
|
|
|
|
|
yang berpasangan dengan 2 variasi
|
|
|
|
3
|
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran:"lebih dari"
|
|
|
|
|
;kurang dari ; dan paling ter
|
|
|
|
4
|
Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC
|
|
|
|
5
|
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna,bentuk
|
|
|
|
|
dan ukuran (3 variasi)
|
|
|
|
6
|
Mengklasifikasikan benda lebih banyak ke
dalam
|
|
|
|
|
kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis
|
|
|
|
|
atau kelompok berpasangan yang lebih
dari 2 variasi
|
|
|
|
7
|
Mengenal pola ABCD-ABCD
|
|
|
|
8
|
Mengurutkan benda berdasarkan ukuran
dari paling
|
|
|
|
|
kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
|
|
C. Konsep bilangan
|
1
|
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran/warna
|
|
|
|
2
|
Mengetahui konsep banyak dan sedikit
|
|
|
|
3
|
Membilang banyak benda satu sampai
sepuluh
|
|
|
|
4
|
Mengenal konsep bilangan
|
|
|
|
5
|
Mengenal lambang bilangan
|
|
|
|
6
|
Mengenal lambang huruf
|
|
|
|
7
|
Menyebutkan lambang bilangan 1-10 dst
|
|
|
|
8
|
Mencocokkan bilangan dengan lambang
bilangan
|
|
|
|
9
|
Mengenal berbagai macam lambang huruf
vokal
|
|
|
|
|
dan konsonan
|
|
|
|
10
|
Menyebutkan dan mencocokkan lambang
|
|
|
|
|
bilangan, macam huruf vocal dan konsonan
|
|
NO
|
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
PERKEMBANGAN
|
||
4
|
Bahasa
|
|
|
|
|
A.Menerima bahasa
|
1
|
Menyimak perkataan orang lain (bahasa
ibu atau
|
|
|
|
|
bahasa lainnya)
|
|
|
|
2
|
Mengerti dua perintah yang diberikan
bersamaan
|
|
|
|
3
|
Memahami cerita yang dibacakan
|
|
|
|
4
|
Mengenal perbendahaan kata mengenai kata
sifat
|
|
|
|
|
(nakal,pelit, baik hati, berani, baik
jelek, dsb)
|
|
|
|
5
|
Mengerti beberapa perintah secara
bersamaan
|
|
|
|
|
Mengulang kalimat yang lebih kompleks
|
|
|
|
6
|
Memahami aturan dalam suatu permainan
|
|
|
B. Mengungkapkan Bahasa
|
1
|
Mengulang kalimat sederhana
|
|
|
|
2
|
Menjawab pertanyaan sederhana
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat
|
|
|
|
|
(nakal,pelit, baik hati, berani, baik
jelek, dsb)
|
|
|
|
4
|
Menyebutkan kata-kata yang dikenal
|
|
|
|
5
|
Mengutarakan pendapat kepada orang lain
|
|
|
|
6
|
Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan
|
|
|
|
|
atau ketidaksetujuan
|
|
|
|
7
|
Menceritakan kembali cerita/dongeng yang
pernah
|
|
|
|
|
didengar
|
|
|
|
8
|
Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
|
|
|
|
9
|
Menyebutkan kelompok gambar yang
memiliki bunyi
|
|
|
|
|
yang sama
|
|
|
|
10
|
Berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan
|
|
|
|
|
kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
|
|
|
|
|
persiapan membaca, menulis dan berhitung
|
|
|
|
11
|
Menyusun kalimat sederhana dalam
struktur lengkap
|
|
|
|
|
(pokok kalimat-predikat-keterangan
|
|
|
|
12
|
Memiliki lebih banyak kata-kata untuk
mengekspresikan
|
|
|
|
|
ide
pada orang lain
|
|
|
|
13
|
Melanjutkan sebagian cerita / dongen
yang telah
|
|
|
|
|
diperdengarkan
|
|
|
C. Keaksaraan
|
1
|
Mengenal simbol-simbol
|
|
|
|
2
|
Mengenal suara-suara hewan/benda yang
ada
|
|
|
|
|
disekitarnya
|
|
NO
|
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
PERKEMBANGAN
|
||
|
|
3
|
Membuat coretan yang bermakna
|
|
|
|
4
|
Meniru huruf
|
|
|
|
5
|
Menyebutkan simbol-simbol huruf yang
dikenal
|
|
|
|
6
|
Mengenal suara huruf awal dari nama
benda-benda
|
|
|
|
|
yang ada disekitarnya
|
|
|
|
7
|
Menyebutkan kelompok gambar yang
memiliki
|
|
|
|
|
bunyi / huruf awal yang sama
|
|
|
|
8
|
Memahami hubungan antara bunyi dan
bentuk huruf
|
|
|
|
9
|
Membaca nama sendiri
|
|
|
|
10
|
Menuliskan nama sendiri
|
|
5
|
Sosial-Emosional
|
1
|
Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih
|
|
|
Mampu mengendalikan emosi
|
|
kegiatan
|
|
|
|
2
|
Mau berbagi, menolong dan membantu teman
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan antusiasme dalam melakukan
|
|
|
|
|
permainan kompetitif secara positif
|
|
|
|
4
|
Mengendalikan yang berlaku dalam suatu
permainan
|
|
|
|
5
|
Menunjukkan rasa percaya diri
|
|
|
|
6
|
Menjaga rasa percaya diri
|
|
|
|
7
|
Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
|
|
|
|
8
|
Menghargai orang lain
|
|
|
|
9
|
Bersikap kooperatif dengan teman
|
|
|
|
10
|
Menunjukkan sikap toleran
|
|
|
|
11
|
Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan
kondisi
|
|
|
|
|
yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
|
|
|
|
12
|
Mengenal tata krama dan sopan santun
sesuai nilai
|
|
|
|
|
sosial budaya setempat
|
|
|
|
13
|
Memahami peraturan dan disiplin
|
|
|
|
14
|
Menunjukkan rasa empati
|
|
|
|
15
|
Memiliki sikap gigih (tidak mudah
menyerah)
|
|
|
|
16
|
Bangga terhadap hasil karya sendiri
|
|
|
|
17
|
Menghargai keunggulan orang lain
|
|
6
|
Seni
|
1
|
Menyanyikan lagu lengkap sesuai irama
|
|
|
|
2
|
Menyanyikan lagu diiringi musik
|
|
|
|
3
|
Mencipta, mengarang, mengubah syair lagu
|
|
NO
|
ASPEK
PERKEMBANGAN
|
INDIKATOR
PERKEMBANGAN
|
||
|
|
4
|
Memainkan alat musik
|
|
|
|
5
|
Menggambar/melukis/membuat
pola/menjahit/
|
|
|
|
|
membatik/meronce/mencocok/menganyam/
|
|
|
|
|
membentuk dengan berbagai alat dan bahan
|
|
7
|
Ketrampilan hidup
|
1
|
Menggunakan sendok dan garpu dengan baik
|
|
|
|
2
|
Melepaskan pakaian yang harus ditarik ke
atas
|
|
|
|
|
Berpakaian sendiri tanpa diawasi kecuali
untuk
|
|
|
|
3
|
mengancingkan
|
|
|
|
4
|
Membuka dan menutup retsleting
|
|
|
|
5
|
Mengenakan ikat pinggang
|
|
|
|
6
|
Menalikan dan berusaha untuk membuat
pita tali
|
|
|
|
|
sepatu
|
|
|
|
7
|
Menggunakan pisau untuk memotong
|
|
|
|
8
|
Berpakaian sendiri dengan lengkap
termasuk memita
|
|
|
|
|
kan tali sepatu dan mengencangkan tali
pinggang
|
|
|
|
9
|
Membuka kancing baju belakang
|
|
|
|
10
|
Mandi sendiri tanpa pengawasan
|
|
|
|
11
|
Menutup mulut dan hidung kalau bersin
atau batuk
|
|
|
|
12
|
Potong kuku sendiri
|
D.METODE
MENGAJAR YANG DITERAPAKAN PAUD SARASWATI
Di PAUD Saraswati
diterapkan metode mengajar dengan bermain dan bernyanyi.Dengan Materi Belajar dan Bermain meliputi:
1.
Sentra Balok 6. Sentra Memasak
2.
Sentra Bahan Alam Cair 7. English Kids
3.
Sentra Seni 8. Happy Day
4.
Sentra Persiapan 9. Pembelajaran dengan Multimedia
5.
Sentra Ibadah
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
B.SARAN
Bahan yang dibutuhkan :
- Mie basah
- 200 gram Taoge
- 75 gram Siangi
- Rebus 1/2 matang Kol 50gram
- Iris tipis Seledri 1 batang
- Iris tipis Bawang merah goreng secukupnya
- Kerupuk kanji warna merah secukupnya
- Kacang tanah goreng (utuh), 25 gram
Bahan untuk membuat kuah bakmi :
- Air kaldu sapi
- 600 ml Bawang putih
- 5 siung Merica butiran
- 1/2 sendok teh
- sangrai Kecap manis
- 1/4 sendok teh Gula pasir
- 1/2 sendok teh Garam secukupnya
- Minyak goreng, 1 sendok makan
Langkah untuk membuat :
- Tumbuk bawang putih, merica dan garam hingga halus, kemudian panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk hingga harum.
- Selanjutnya tuang air kaldu, masak hingga kuah mendidih. Tambahkan kecap manis dan gula pasir. Masak kembali hingga mendidih. Angkat.
- Letakkan mie dalam mangkuk saji, tuang kuah secukupnya dan tambahkan taoge dan kol di atasnya. Taburi dengan seledri, bawang goreng dan kacang tanah goreng.
- Sajikan dengan kerupuk kanji.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar