Senin, 21 April 2014

Bimbingan Karir SMK Multimedia

A.    Informasi karir setelah lulus SMA

Setelah lulus dari SMA bukan berarti aktifitas anda berhenti. Kehidupan akan berjalan terus, dan perubahan akan berlanjut, diperlukan mengembangkan percakapan mengidentifikasi variabel dan hubungan satu dengan yang lainnya sesuai bidang studi tersebut yang diketahui anda harus menyikapinya. Ada empat alternatif pilihan setelah lulus dari SMA,yaitu:

1.      Melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi

2.      Mengikuti kursus/pelatihan

3.      Memasuki dunia kerja

4.      Memasuki kehidupan berkeluarga.

Namun pada kesempatan ini sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan siswa sesuai dengan hasil analisis angket kuisioner yang telah disebar,maka disini akan dibahas mengenai dua alternatif pilihan saja yaitu melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan memasuki dunia kerja tentunya yang sesuai dengan jurusan mutimedia

B. Jurusan Lanjutan Di Perguruan Tinggi

Multimedia : Dalam jurusan ini, peserta didik akan diberikan materi tentang komputer, dan peralatan media lainnya untuk membuat suatu karya, baik dalam program, ataupun design. Biasanya Multimedia, akan mempelajari tentang web design, animasi, produksi film, atau pembuatan program.  Jurusan lanjutan untuk kuliah : Tehnik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Broadcasting, di ITS yang dapat juga dibuka, http://telematics.its.ac.id/en ada jurusan Teknik multimedia dan jaringan serta teknik informatika. Untuk politeknik ada juga politeknik elektronik negeri surabaya dapat di buka di web http://mmb.eepis-its.edu/, yang memiliki jurusan teknik informatika dan komputer, teknik multimedia kreatif, teknologi multimedia broadcasting dan teknik informatika dan masih banyak perguruan tinggi lain yang memiliki jurusan bagi lulusan SMK Multimedia.

C. Ruang Lingkup Pekerjaan SMK Jurusan Multimedia


Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia sangat bervariasi berdasarkan dunia usaha/industrinya. Jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi terhadap masing –masing industri akan dijelaskan seperti contoh-contoh dalam tabel di bawah ini.

 

  1. Script writer

  1. Photographer

  1. 3D Modeller

  1. Texture or Background Artist

  1. Lightning or Rendering Specialist

  1. Digital Animator

  1. Games/Effects Programmer

  1. Visual Effects Specialist

  1. Compositing/Editing Specialist

  1. Sound Specialist

  1. Art Director

  1. Production Designer

  1. Program Director

  1. Production Assistant

  1. Creative Director

  1. Art Director

  1. Graphic Designer

  1. Motion Graphic Designer

  1. Digital Imaging Artist

  1. Illustrator

 

DAFTAR PUSTAKA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar